Selamat datang di blog JALURLINTASKAI, Terima kasih sudah berkunjung.

Tahapan-tahapan sebagai seorang masinis

   Hallo sobat jalurlintaskai, pada kesempatan kali ini kita membahas tentang profesi seorang masinis. ya, masinis adalah salah satu pekerjaan seseorang yang menjalankan kereta api. seperti dikutip dari laman KAI, setiap tahun selalu membuka lowongan pekerjaan untuk bergabung dengan PT. KAI. 

persiapan masinis sebelum berangkat
               foto diambil dari situs kai

  
    KAI merupakan BUMN milik pemerintah, sehingga menjadi salah satu yang diburu para pencari pekerja oleh masyarakat Indonesia. Profesi-profesi yang meliputi kereta api, yang paling banyak di incar adalah masinis. Bagaimana sebenarnya kriteria yang ditetapkan oleh KAI bagi calon masinis? mari kita simak tahap-tahap sebagai seorang masinis kereta api .

    1. Dalam proses menjadi masinis dimulai dengan serangkaian mengikuti seleksi rekrutmen yang diadakan KAI. Kamu akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pelamar dalam bersaing dan seleksi ini diadakan kurang lebih 3 bulan. Adapun tahapan seleksi adalah tahapan administrasi, tes kesehatan awal, psikotes, wawancara dan tes kesehatan akhir. Khusus untuk formasi yang berkaitan dengan operasional perjalanan kereta api dan Awak  sarana perkeretaapian seperti masinis, asisten, kondektur dan PPKA dan sebagainya, kamu harus memiliki kondisi yang prima jika berminat di posisi tersebut. Standar penilaian psikotes pun berbeda dari pada yang lain.

  2.  tahap kedua, jika kamu lolos dan sudah menjadi calon pekerja tidak serta merta langsung menjadi masinis. Setiap calon akan pekerja harus menjalani masa percobaan selama 3 bulan. Dalam rentan waktu itu ada beberapa program yang harus diikuti oleh calon pekerja diantaranya Program orientasi pekerja dan Basis development program. setelah 3 bulan akan di evaluasi dalam rangka pengangkatan calon pekerja menjadi pekerja tetap,dengan terlebih dahulu melakukan tes kesehatan fisik.


  Tidak sampai berhenti disitu, masih ada tahapan yang harus dijalani diantaranya mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pengujian hingga akhirnya dinyatakan layak sebagai masinis KAI.
  Setelah menyelesaikankan diklat kurang lebih 4 bulan tiba saatnya calon masinis menghadapi ujian sertifikasi Awak Sarana perkeretaapian tingkat pertama yang diadakan DJKA, jika lulus kamu ditugaskan sebagai asisten masinis, namun belum secara resmi menjadi masinis. 
   Di akhir, kamu akan menghadapi ujian sertifikasi Awak Sarana perkeretaapian Tingkat Muda dari DJKA yang menuntut tingkat kecakapan dan kemampuan yang lebih tinggi dalam mengemudikan kereta api. jika lulus dalam tahap ini, barulah kamu diangkat secara resmi sebagai masinis.

masinis melakukan semboyan tunjuk sebut  gambar masinis melakukan semboyan tunjuk sebut

   Menjadi seorang masinis kereta api itu tidak mudah, harus melalui rangkai tahapan-tahapan yang panjang. karena peran masinis bukan hanya mengemudikan kereta api tapi merekalah sosok penting dalam menjaga kelancaran dan keselamatan operasional kereta api.
    Terima kasih sobat jalurlintaskai sudah berkunjung diblog ini, Itulah sekilas tahapan-tahapan menjadi seorang masinis. semoga bisa membantu dalam menyiapkan untuk melamar profesi tersebut. Akhir kata dari saya jangan lupa tinggalkan pesan dikolom komentar. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tahapan-tahapan sebagai seorang masinis"