Selamat datang di blog JALURLINTASKAI, Terima kasih sudah berkunjung.

Jenis Kereta Pariwisata milik KAI

 

  Kereta Pariwisata ,  Apakah kalian suka berlibur? jika ya, bisa nih dicoba. Liburan dengan naik kereta api. PT Kereta Api Indonesia (perseroan) Meluncurkan anak perusahaan yaitu PT Kereta Api Pariwisata (Indorailtour). 

    Kereta Pariwisata milik KAI sendiri ada 2 macam. diantaranya kereta wisata dan kereta istimewa. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut ini.


1. Kereta Wisata

 Kereta Wisata atau dikalangan Railfans dan Railway dikenal dengan kawis. Dimana kereta ini digandengkan dengan kereta reguler dalam perjalanannya. Karena gerbong ini hanya gerbong saja.Untuk susunan ruang dalam kereta wisata berupa ruang utama yang bisa di gunakan untuk ruang meeting, ruang bercengkrama bersama keluarga, atau ruang tamu, Ruang VVIP, Toilet, Minibar, Bagasi, dan ruang operator.



interior kereta wisata
gambar taulanytv

tempat duduk kereta wisata



 Adapun Nama kereta wisata yang disediakan adalah sebagai berikut :

  • Kereta Wisata Imperial merupakan kereta wisata yang di desain untuk memanjakan dan memberikan kenyamanan penyewa wisata. Kapasitas kereta ini sebanyak 20 penumpang. 
corak gerbong imperial
Kereta Imperial


  • Kereta Wisata Priority merupakan produk terbaru dari PT KAI. fasilitasnya hampir sama dengan kereta wisata lainnya. yang membedakan kapasitas penumpang sejumlah 28 penumpang. 

corak gerbong prioritas
Kereta prioritas


tempat duduk gerbong priority


  • Kereta Wisata Bali hampir sama dengan kereta diatas, cuma membedakan nuansa interiornya. Kawis Bali mempunyai kapasitas 20 tempat duduk, 16 diruang utama (meeting room) dan 4 di ruang VVIP. 
  • Kereta Wisata Nusantara yang kental dengan budaya Nusanta. Kawis Nusantara mempunyai kapasitas tempat duduk 19. Terbagi dalam 13 diruang utama dan 6 di ruang VVIP. Kawis ini yang sering dipakai rombongan presiden untuk perjalanan jika naik kereta api. 
  • Kereta Wisata Toraja dengan interior khas Toraja. Kawis Toraja mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 22 kursi. Rinciannya 16 di Ruang Meeting dan 6 di ruang VVIP 
  • Kereta Wisata Sumatera yang kental dengan interior khas Sumatera yang memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 22 kursi. 
  • Kereta Wisata Jawa Kental dengan nuansa Jawa beserta pernak perniknya dengan kapasitas untuk 20 orang. 


2 . Kereta Istimewa 
    Kereta Istimewa atau sering disebut juga kereta api kais dikalangan Railfans dan Railway. untuk jadwal perjalanannya lebih fleksibel. karena gerbong ini terdiri dari 2 buah gerbong yang sudah dilengkapi dengan mesin. jadi tidak ikutan ke rangkaian kereta api reguler. Untuk fasilitasnya hampir tidak jauh beda dengan kereta wisata. dan setiap daop Kereta Api hampir mempunyai kais sendiri. 
  Untuk keunikannya kita bisa langsung melihat masinis menjalankan kereta ini. karena tidak ada pembatas antara masinis dengan penumpang. Berikut beberapa gambar kereta api kais. 

kereta pariwisata 1
gambar rizki_railfans


kereta pariwisata 2
gambar ambanghl



   Dimana, sungguh memanjakan penumpangnya kan? Untuk yang mau Reservasi bisa saja langsung ke aplikasi KAI ACCES atau bisa hub situs KAI langsung. Untuk harganya ya lumayan lah. Pokoknya dijamin liburanmu akan sangat mengesankan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa tinggalkan komentar. Terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Kereta Pariwisata milik KAI "